BAB
II
PEMBAHASAN
A. Puasa
Ø Lafaz Hadist tentang puasa :
عن
ابن عمر رضي الله عنهما قال : سمعت رسول الله صلى الله عليه وسلم يقول : اذا
رايتمو فصوموا واذا رايتموه فافطروا فان غم عليكم فاقدرواله. متفق عليه.
Ø Terjemahnya
“Dari Ibnu ‘umar r.a,
dia berkata : saya pernah mendengar Rasulullah Saw, bersabda : apabila kamu
semua sudah melihat bulan, maka berpuasalah dan apabila kamu sudah melihat
bulan berbukalah. Apabila mendung (tidak nampak) bagi kamu, maka
hitunglah/kira-kirakan.(Riwayat Bukhari dan
Muslim)
Ø Penjelasan
Hadist tersebut sebagai dalil yang menujukkan kewajiban
berpuasa Ramadhan setelah melihat bulan tsabit dan menunjukkan kewajiban
berbuka puasa setelah melihat bulan pada awal bulan syawal.[1]
Dalam hadist lain juga diriwayatkan :
كان
رسول الله صلى الله عليه وسلم يتخفظ من شعبان مالا يتخفظ من غيره يصوم لروءية
الهلال اي هلال رمضان. فان غم عليه عد ثلاثين يوما ثم صام. رواه ابو داود
“Biasanya Rasulullah mengingat
(perhatikan) bulan sya’ban melebihi perhatiannya terhadap bulan lainnya, beliau
berpuasa setelah melihat bulan sabit yaitu bulan pertama ramadhan. Jika
mendung/berkabut, maka beliau menghitung 30 hari bulan sya’ban, kemudian
barulah beliau berpuasa”(Riwayat Abu Daud)
Puasa sendiri berasal dari bahasa arab yang artinya
“menahan dari segala sesuatu” seperti menahan makan, minum, nafsu. Sedangkan
menurut istilah syar’i puasa adalah menahan diri dari sesuatu yang
membatalkannya, satu hari lamanya, mulai dari terbit fajar sampai terbenam
matahari dengan niat dan beberapa syarat. Berdasarkan firman Allah Swt yang
berbunyi :
وكلوا
واشربوا حتى يتبين لكم الخيط الابيض من الخيط الاسود من الفجر. البقرة
: 187
“Makan minumlah hingga terang bagimu benang putih dari benang
hitam ketika pajar”. (Al-Baqarah : 187)
Sabda Rasulullah Saw :
عن
ابن عمر قال سمعت رسول الله صلى الله عليه وسلم يقول : اذا اقبل الليل وادبر النهار
وغابت الشمس فقد افطر الصاءم. رواه البخارى ومسلم
“Dari
Ibnu Umar. Ia berkata, “Saya telah mendengar nabi Saw, bersabda, “Apabila malam
datang, siang lenyap, dan matahari telah terbenam, maka sesungguhnya telah
datang waktu berbuka bagi orang yang puasa”.(Riwayat
bukhari dan Muslim)[2]
»
Puasa
ada empat (4) macam, yaitu :
·
Puasa
wajib, yaitu puasa bulan ramadhan, puasa kafarat dan puasa nazar
·
Puasa
sunnah, seperti puasa senin kamis, puasa enam.
·
Puasa
makruh
·
Puasa
haram, seperti puasa pada 1 syawal, puasa pada hari tasyrik.
»
Sejarah
disyariatkan nya puasa.
Puasa bulan ramadhan disyariatkan pada bulan Sya’ban
tahun II Hijriah. Sebelum itu puasa sudah dikenal oleh bangsa-bangsa terdahulu.
Allah berfirman :
ياايهاالذين
امنوا كتب عليكم الصيام كما كتب على الذين من قبلكم لعلكم تتقون. البقرة : 183
“Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa,
sebagaimana telah diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu, agar kamu
bertaqwa”.(Al-Baqarah : 183)
Hanya saja, kewajiban puasa ramadhan belum pernah
disyari’atkan sebelumnya. Jadi umat Islam dengan umat-umat terdahulu sema dalam
soal dsyari’atkannya puasa. Tetapi puasa pada bulan Ramadhan hanya umat Nabi
Muhammad sajalah yang disyari’atkan. Sebagaimana firman Allah Swt, yang
berbunyi :
شهر
رمضان الذي انزل فيه القران هدى للناس وبينات من الهدي والفرقان, فمن شهد منكم
الشهر فايصمه. البقرة : 185
“Bulan ramadhan, bulan yang didalamnya diturunkan Al-Qur’an,
sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu
dan pembeda (antara hak dan yang batil). Kerena itu, barang siapa di antara
kamu hadir dibulan itu, maka hendaklah ia berpuasa dibulan itu”.(Al-Baqarah
: 185)[3]
Puasa Ramadhan diwajibkan atas tiap-tiap orang mukallaf
dengan salah satu dari ketentuan-ketentuan berikut ini :
·
Dengan
melihat bulan bagi yang melihatnya sendiri
·
Dengan
mencukupkan bulan sya’ban tiga puluh hari. Berdasarkan Sabda Rasulullah Saw,
yang berbunyi :
صوموالروءيته
وافطروا لروءيته فان غم عليكم فاكملوا عدة شعبان ثلاثين. رواه البخاري
“Berpuasalah kamu sewaktu melihat bulan (bulan Ramadhan) dan
berbukalah kamu sewaktu melihat bulan (syawal)maka jika ada yang menghalangi
(mendung) sehingga bulan tidak kelihatan, hendaklah kamu sempurnakan bulan
sya’ban tiga puluh hari’.(riwayat Bukhari)
·
Dengan
kabar mutawatir, yaitu kabar orang banyak, sehingga mustahil mereka sepakat
untuk berdusta.
·
Dengan
ilmu hisab atau kabar dari ahli hisab.
»
Syarat
syah dan wajib puasa
·
Islam
·
Baligh
·
Aqil,orang
yang tidak berakal ataupu belum baligh maka tidak wajib puasa sebagai mana
hadist Rasulullah Saw, yang berbunyi :
رفع
القلم عن ثلاث عن الناءم حتى يستيقظ وعن المجنون حتى يفيق وعن الصبي حتي يبلغ.
رواه ابو داود والنساءى
“Tiga orang yang terlepas dari hukum : Orang yang sedang tidur
hingga ia bangun, Orang gila sampai ia sembuh,Kanak-kanak sampai ia baligh”.(Riwayat
Abu Dawud dan Nasa’i)
·
Kuasa
mengerjakannya
·
Suci
dari haidh, nifas bagi perempuan. Orang yang haid atau nipas tidak syah
berpuasa, akan tetapi wajib untuk mengqadanya. Berdasarkan Hadist Nabi Saw :
عن
عاءشة كنا نوءمر بقضاء الصوم ولا نوءمر بقضاءالصلاة. رواه البخارى
“Dari Aisyah. Ia berkata, “kami disuruh oleh Rasulullah Saw,
mengqada puasa, dan tidk disuruhnya untuk mengqada shalat’.(Riwayat
Bukhari)
·
Pada
waktu yang dibolehkan.[4]
»
Rukun
puasa yang harus diperhatikan selama berpuasa yaitu :
·
Niat
pada malam harinya, yaitu setiap malam selama bulan Ramadhan, menurut sebagian
ulama syah berniat sekali dalam satu bulan.[5]
Sabda Rasulullah Saw :
عن
حفصة ام الموءمنين رضي الله عنهما ان النبي صلى الله عليه وسلم قال : من يبيت
الصيام قبل الفجر فلا صيام له. رواه الخمسة
“Dari hafshah ummul Mukminin r.a. bahwasannya nabi Saw, bersabda
: Barang siapa yang tidak menetapkan puasa (tidak berniat puasa) sebelum terbit
pajar, maka tidak ada puasa baginya”.(Riwayat Ulama
yang lima)
Hadist diatas menunjukkan bahwa tidak sah puasa kecuali dengan
penetapan niat pada malamnya. Dan orang yang berpuasa boleh berniat pada waktu
mana saja, dari bagian malam hari (mulai setelah terbenam matahari sampai
sebelum terbit fajar shodik).[6]
·
Menahan
diri dari yang membatalkan puasa sejak terbit matahari hingga terbenam
matahari.
»
Yang
membatalkan puasa
Yang membatalkan puasa adalah segala perkara yang wajib
dijauhi dari terbitnya fajar hingga terbenam matahari, yaitu :
·
Makan
dan minum dengan sengaja, dan bagi orang yang makan dan minum dengan sengaja
maka wajib mengqadanya, sedangkan apabila makan dan minum karena lupa ataupun
tidak sengaja. Maka tidak membatalkan puasa sebagaimana Nabi bersabda :
من
نسى وهو صاءم فاكل او شرب فليتم صومه فانما اطعمه الله وسقاه. رواه البخاري ومسلم
“Barang siapa yang lupa, sedangkan ia dalam keadaan puasa,
kemudian ia makan atau minum, maka hendaklah puasanya disempurnakan, karena
sesungguhnya Allah-lah yang memberinya makan dan minum”.(Riwayat
Bukhari dan Muslim)
·
Bersetubuh
dengan sengaja. Bagi yang melakukan nya wajib mengqadanya atau membayar
kifarat.
·
Istimma’,
yaitu mengeluarkan sperma. Dengan sengaja ataupun tidak, maka puasanya batal.
·
Muntah
dengan sengaja, berdasarkan sabda Rasulullah Saw :
عن
ابي هريرة قال رسول الله صلى الله عليه وسلم : من ذرعه القيء فليس عليه قضاء ومن
استقاء عمدا فليقض. رواه ابو داود والترمذي وابن حبان.
“Dari Abu Hurairah. Rasulullah Saw bersabda : Barang siapa
terpaksa muntah, tidaklah wajib mengqada puasanya, dan barang siapa yang
mengusahakan muntah, hendaklah ia mengqada puasanya”.(Riwayat
Abu Daud, Tirmiji, dan Ibnu Hibban)
·
Keluar
darah haid atau nipas.
·
Gila,
jika gila itu datang waktu siang hari maka batallah puasanya.[7]
»
Puasa
yang disunnahkan yaitu :
Ø Puasa enam hari dalam bulan Syawal.
Berdasarkan sabda Rasulullah Saw :
عننن ابى
ايوب قال رسول الله صلى الله عليه
وسلم : من صام رمضان ثم اتبعه ستا من شوال كان كصيام الدهر. رواه مسلم.
“Dari Abu Ayyub.
Rasulullah Saw bersabda : barang siapa puasa dalam bulan ramadhan, kemudian ia
puasa enam hari dalam bulan Syawal, adalah seperti puasa sepanjang masa”.(Riwayat
Muslim)
Ø Puasa hari Arafah (tanggal 9 bulan
Haji), bedasarkan Sabda Rasulullah Saw :
عن
ابي قتادة قال النبي صلى الله عليه وسلم : صوم يوم عرفة يكفر سنتين ماضية
ومستقبلة. رواه مسلم
“Dari Abu Qotadah, Nabi Saw telah
bersabda : Puasa hari Arafah itu menhapus dosa dua tahun, satu tahun yang telah
laulu, dan satu tahun yang akan datang”.(Riwayat
Muslim)
Ø Puasa hari ‘Asyura (10 Muharram),
berdasar kan hadist Rasulullah :
عن
ابى قتادة ايوب
قال رسول الله صلى الله عليه وسلم : صوم يوم عاشوراء يكفر سنة ماضية. رواه
مسلم.
“Dari Abu Qatadah. Rasulullah Saw bersabda,”Puasa hari ‘Asyura
menghapuskan dosa satu tahun yang lalu.(Riwayat
Muslim)
Ø Puasa bulan Sya’ban.
عن
عاءشة مارايت رسول الله صلى الله عليه وسلم استكمل صيام شهر قط الا رمضان وما
رايته في شهر اكثر منه صياما في شعبان. رواه البخارى ومسلم.
“Dari Aisyah, Saya tidak melihat Rasulullah Saw, mmenyempurnakan
puasa satu bulan penuh selain dalam bulan Ramadhan, dan saya tidak melihat
beliau dalam bulan-bulan yang lain berpuasa lebih banyak daripada bulan
Sya’ban”.(Riwayat Bukhari dan Muslim)
Ø Puasa hari Senin dan Kamis
عن
عاءشة كان النبي صلى الله عليه وسلم يتحرى صيام الاثنين والخميس. رواه الترمذي
“dari Aisyah, “Nabi Saq memilih waktu puasa hari senin dan
kamis”.(Riwayat Tirmizi)
Ø Puasa tengah bulan (tanggal 13,14,15)
dari tiap-tiap bulan.
عن
ابي ذر قال رسول الله صلى الله عليه وسلم : يا ابا ذر اذا صمت من الشهر ثلاثة فصم
ثلاث عشرة واربع عشرة وخمس عشرة. رواه احمد والنساءى
“Dari Abu Zarr, Rasulullah Saw bersabda : hai Abu Zarr apabila
engkau hendak puasa hanya tiga hari dalam satu bulan, hendaklah engkau berpuasa
tanggal tiga belas, empat belas, dan lima belas”.(Riwayat
Ahmad dan Nasa’i)[8]
B. Puasa orang yang sedang berpergian
(musafir)
Ø Lafaz hadist
عن
جابر بن عبد الله رضى الله عنهما. ان رسول الله صلى الله عليه وسلم. خرج عام الفتح
الى مكة في رمضان فصام حتى بلغ كراع الغميم فصام الناس, ثم دعا فقدح من ماء فرفعه
حتى نظر الناس اليه فشرب. ثم قيل له بعد ذالك, ان بعض الناس قد صام. فقال : اولئك
العصاة, اولئك العصاة, وفي لفظ فقيل له : ان الناس قد شق عليهم الصيام, وانما
يفتطرون, فيما فعلت فدعا يقدح من ماء بعد العصر فشرب. رواه مسلم
Ø Terjemahnya
“Dari Jabir bin Abdullah r.a bahwasanya Rasulullah Saw keluar
pada tahun pembukaan kota Mekkah pergi ke Mekkah pada bulan Ramadhan. Beliau
berpuasa hingga Kural Gamin (nam suatu lembah) para sahabat juga berpuasa.
Kemudian beliau meminta sekendi air, lalu beliau angkat sehingga semua orang
melihatnya, lalu beliau meminum. Lalu dikatakan sesudah demikian, sesungguhnya
sebagian manusia tetap berpuasa. Lalu beliau bersabda “mereka orang-orang
ma’siat, mereka itu orang maksiat, dalam satu lafaz, maka dikatakan padanya,
sesungguhnya orang-orang telah kepayahan karena berpuasa dan mereka hanya
menunggu perbuatanmu. Kemudian beliau meminta sekendi air setelah waktu asyar,
lalu beliau minum”.(Riwayat Muslim)
Ø Penjelasan
Hadist tersebut sebagai dalil yang menunjukkan bahwa
orang yang sedang dalam perjalanan (musafir) yang jarak tempuhnya lebih kurang
80,64 KM.[9]
Boleh melakukan puasa dan boleh tidak. Allah berfirman :
ومن
كان مريضا او على سفر فعدة من ايام اخر يريد الله بكم اليسر ولا يريد بكم العسر.
البقرة : 185
“Barang siapa yang sakit atau sedang dalam perjalanan (lalu
berbuka), maka (wajiblah baginya puasa) sebanyak hari yang ditinggalkannya itu,
pada hari-hari yang lain. Allah menghendaki bagimu kemudahan, dan tidak
menghendaki kesukaran”.(Al-Baqarah :185)
Menurut
Daud Zhohiriy dan Syi’ah Imamiyah, tidak boleh berpuasa ketika seseorang sedang
musafir, berdasarkan firman Allah dan sabda Rasulullah di atas. Akan tetapi
Jumhur Ulama menentang pendapat itu. Mereka mengatakan, puasa sah berdasarkan
perbuatan Nabi Saw, dan ayat dan hadist tersebut bukannya menjadi dalil tidak
sahnya puasa, karena keharusan perintah berbuka itu hanya dalam keadaan payah
yang mengharuskan untuk berbuka. Menurut Al-hadawiyah (Syi’ah) dan Abu Hanifah
(Syafi’i), bahwa puasa lebih utama bagi musafir sekiranya tidak menimbulkan
kesukaran dan bahaya baginya. Jika berbahaya maka berbuka lebih afdhol.[10]
Orang yang tidak berpuasa pada bulan Ramadhan karena
berbagai hal, salah satunya karena musafir, maka wajib meanggantinya sebelum
datang bulan Ramadhan tahun berikutnya. Dia juga wajib membayar fidyah, yaitu
memberi makan kepada orang-orang fakir, untuk setiap hari yang ditinggalkannya,
berupa makanan pokok yang umum dinegeri itu. Dan fidyah sekian itu akan
berlifat ganda bila bertahun-tahun tidak diqadanya juga.
Dan jika meninggal dunia sementara belum mengqada
puasanya, maka sebaiknya puausanya di qadakan oleh walinya, untuk hari-hari
yang ditinggalkannya, yang dimaksud wali di sini adalah kerabatnya yang mana
saja. Sebagaimana Nabi pernah bersabda :
من
مات وعليه صيام صام عنه وليه. رواه البخاري ومسلم.
“Barangsiapa meninggal dunia dalam keadaan menanggung puasa,
maka hendaklah puasanya digantikan oleh walinya “.
Seandainya tidak ada seorang pun yang menggantikan
puasanya, barulah puasanya diganti makanan satu mud setiap hari yang
ditinggalkannya. Sebagaimana Rasulullah bersabda :
من
مات وعليه صيام شهر فليطعم عنه مكان كل يوم مسكين.
“Barangsiapa meninggal dunia, sedang ia berhutang puasa sebulan,
maka hendaklah puasanya digantikan makanan, yang diberikan kepada orang miiskin
untuk setiap harinya”.[11]
C. Kafarat bagi orang-orang yang
membatalkan puasa.
Ø Lafaz hadist :
عن
ابي هريرة رضي الله عنه قال : جتء رجل الى النبي صلي الله عليه وسلم فقال, هلكت يا
رسول الله, فقال, وما اهلكت...؟ قال : وقعت على امراتي في رمضان فقال : هل تجد ما
تعتق رقبة...؟ قال لا, فهل تستطيع ان تصوم شهرين متتابعين..؟ قال لا, قال : فهل
تجد ماتطعم ستين مسكينا....؟ قال لا, ثم جلس فاءتي النبي صلي الله عليه وسلم بعرق
فيه تمر, فقال : تصدق بهاذا, فقال : اعلي افقرمنا..؟ فما بين لا بتيها اهل بيت
احوج منا فضحك النبي صلي الله عليه وسلم حتي بدت انيابه ثم قال : اذهب فاطعمه
اهلك. رواه السبعة واللفظ لمسلم.
Ø Terjemahnya :
“Dari Abu Hurairah r.a dia berkata :
seorang laki-laki datang kepada Rasulullah Saw, seraya berkata : Sudah celaka
saya wahai Rasulullah. Beliau bertanya : Apa yang mencelakakanmu...? dia
menjawab : saya telah mencampuri istriku dalam bulan Ramadhan. Lalu beliau
bertenya : Apakah engkau mendapat seorang hambu untuk dimerdekakan....? dia
menjawab : tidak, beliau bertanya lagi ; Mampukah engkau berpuasa dua bulan
berturut-turut, dia menjawab tidak, beliau bertanya lagi :apakah engkau
menjumpai sesuatu untuk memberi makan 60 orang miskin....? dia menjawab tidak,
kemudian dia duduk lalu Nabi Saw membawakan sekeranjang korma baginya, seraya
bersabda : bersedekahlah engkau dengan kurma ini, lalu dia bertanya : Apakah
kepada orang yang lebih faqir diantara kami....? tidak ada keluarga rumah
tangga di antara batu hitam dimekkah ini yang lebih butuh dari kami. Lalu Nabi
Saw tertawa sehingga nampak gigi taringnya, kemudian beliau bersabda : pergilah
engkau, beri makanlah keluargamu”.(Riwayat Sab’ah
menurut riwayat Muslim)
Ø
Penjelasan
Hadist
tersebut sebagai dalil yang menunjukkan kewajiban kifarat atas orang yang
mengumpuli istrinya pada siang hari dalam bulan Ramadhan. Kifarat juga bukan
hanya berlaku bagi seseorang yang mengumpuli istrinya, atau sengaja berbuka dan
lain sebagainya maka wajib melakukan kifarat. Kafarat yang wajib dilakukan
karena merusak puasa dengan persetubuhan ialah dengan memerdekakan hamba sahaya
yang beriman, baik laki-laki ataupun perempuan. Seandainya tidak bisa, maka
berpuasalah dua bulan berturut-turut. Seandainya ini pun tidak bisa maka
memberi makan 60 orang miskin, setiap orang satu mud, berupa bahan makanan
pokok yang umum dinegeri itu. Jika semua tidak bisa maka kifarat tetap menjadi
tanggungannya sampai ia mampu untuk menebusnya. Namun, para ulama mengatakan,
bahwa disamping kifarat orang yang membetalkan puasa karena bersetubuh di bulan
Ramadhan juga wajib mengqadanya.[12]
Sebagaian
ulama juga berpendapat dan sepakat bahwa dalam hadist tersebut baik yang
melakukan pelanggaran itu orang yang berada ataupun yang tidak punya (miskin)
tetap wajib membayar kifarat. Lalu persoalan memerdekakan hamba, jumhur ulama
berpendapat, bahwa yang dimaksud hamba adalah hanya hamba yang beriman.
[1] Abu bakar Muhammad, Terjemahan Subulus Salam,1991.
Penerbit Al-Ikhlas Surabaya. Hal 597
[2] Sulaiman Rasyid,Fiqih Islam,2001. PT Sinar Baru Algensindo
Bandung. Hal 220
[3] Anshory Umar Sitanggal,Fiqih syafi’i Sistematis,1987. Penerbit
CV. Asy syifa Semarang. Hal 81-82
[4] Sudarsono,S,H,Pokok-pokok Hukum Islam,1987.Penerbit Rineka
Cipta Bandung.hal 144
[5] Moh. Rifa’i,Terjemah Khulashah Kifayatul akhyar,1978. Penerbit
: Toha Putra Semarang. Hal 151
[6] Abu bakar Muhammad, Terjemahan Subulus Salam,1991.
Penerbit Al-Ikhlas Surabaya. Hal 604
[7] Muhammad Jawad Mughniyah,Fiqih Lima mazhab,1996. Penerbit
Lentera Basritama Beirut. Hal 162--163
[8] Sulaiman Rasyid,Fiqih Islam,2001. PT Sinar Baru Algensindo
Bandung. Hal 240-242
[9] Sudarsono,S,H,Pokok-pokok Hukum Islam,1987.Penerbit Rineka
Cipta Bandung. Hal 148
[10] Abu bakar Muhammad, Terjemahan Subulus Salam,1991.
Penerbit Al-Ikhlas Surabaya. Hal 635-637
[12] Anshory Umar Sitanggal,Fiqih syafi’i Sistematis,1987. Penerbit
CV. Asy syifa Semarang. Hal 110-112
Tidak ada komentar:
Posting Komentar